Kamis, 15 Februari 2018

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAB IV

BAB IV
DASAR INFORMASI TEKNOLOGI

Garis besar yang akan dibahas dalam bab II dasar-dasar Informasi teknologi ini meliputi:
• Apakah komputer Anda dan keluaran perangkat lunaknya menggunakan keluaran tahun terharu?
• Apalcab objek dasar bahwa proses informasi teknologi komputer Anda selalu up to date? Dan, bagaimana menangani .sistem informasi komputer untuk E-bisnis, E-manajemen, E-HRM, E-musik dan E-video?
• Apa saja komponen-komponen utama sistem komputer (Software dan Hardware)?
• Mengapa sistem operasi SIM begitu penting dewasa ini?
• Bagaimana Internet, Externet dan Intranet dapat mengubah peranan komputer?
• Apakah aplikasi dasar informasi teknologi perangkat lunak utama yang digunakan dalam bisnis dan managemen?

A.     Dasar Sistem Informasi (SI)
Sistem Informasi adalah satu set (terutama) komponen elektronik yang menngumpulkan, menganalisa dan menvebarluaskan data dan informasi untuk memenuhi tujuan. Adapun bentuk sistem adalah data dan informasi.
·    Data: fakta mentah, umpamanya teks, gambar, video. Dengan sendirinya, data tidak dapat membantu kita membuat keputusan
·       Informasi: agregasi, analisis dan seleksi data yang mernungkinkan organisasi untuk memenuhi tujuan. Beberapa karakteristik informasi: tepat, handal, relevan, diverifikasi dan berharga.
·     Sistem: sekumpulan elemen atau komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan. Terdiri dari: Input, Pengolahan mekanisme, Hasil, dan Saran/penilaian.
·       Banyak proses, apakah mereka menilliki komponenIS Signifikan, dapat dilihat sebagai sistem: Personil manajemen, Universitas penerimaan. Produksi dan manajemen persediaan, dan Sistem peradilan pidana.
·    Organisasi dapat diklasifikasikan menurut sisitem yang mereka gnnakan: Wikipedia vs kompleks, Terbuka vs tertutup. Stabil vs dinamis, Adaptif vs non adaptif dan Permanen vs sementara
·          Sistem kinerja dapat diukur sepanjang tiga dimensi: Efisiensi, Efektivitas, Ekuitas (keadilan).
·        Sistem ini dirancang, diimplementasikan dan dikelola dengan model: abstraksi dari realitas yang memungkinkan kita untuk menerapkan prinsip-prinsip asumsikan berlaku untuk berhagal sistem.
·     Model tipe: Narasis model, misalnya verbal deskripsi dari fitur model, tujuan, sumber daya, Model fisik, misalnya prototipe, mock-up, Skematis model, misalnya grafik dan diagram alur, Matematika, misalnya persamaan dan hubungan.
·         Semua model ini didasarkan pada asumsi, misalnya kondisi pasar, batasan hukum, keterbatasan kinerja fisik, Asumsi harus dikenal dan konsisten.


B. Kerangka Dasar Sistem Informasi
·   Konsep Foundation. Konsep sistem informasi dasar tentang komponen dan operasional, manajerial, dan peran strategis sistem informasi. Konsep manajerial, Konsep perilaku, dan teknis lainnya.
·    Teknologi. Mayor konsep, perkembangan, dan implikasi manajerial yang terlibat dalam perangkat keras komputer, perangkat lunak, manajemen database, dan teknologi telekomunikasi, teknologi lain yang digunakan dalam sistem informasi berbasis komputer.
·    Aplikasi. Bagaimana teknologi informasi digunakan dalam sistem informasi modern untuk mendukung kolaborasi pengguna akhir, operasi perusahaan, pengambilan keputusan, keptusan manajerial, dan keuntungan strategis.
·         Pengembangan. Mengembangkan solusi sistem informasi untuk masalah bisnis dan managemen SDM dengan menggunakan berbagai pendekatan untuk pengembangan aplikasi dan melaksanakan perubahan dengan TI.
·    Manajemen. Tantangan dan metode pengelolaan sistem informasi teknologi, kegiatan, dan sumber daya manusia, termasuk manajemen sumber daya manajemen teknologi informasi lokal dan global, keamanan tantangan etika, tanggung jawab sosial masyarikat dalam bisnis dan managemen sumber daya manusia.

C. Komponen Dasar Informasi Sistem (SI)
·     Input: data mentah, Mungkin fisik, elektronik atau konseptual, dan mungkin menggunakan proses manual atau otomatis.
·       Pengolahan: konversi input untuk output. Mungkin terdiri dari perhitungan, penyimpanan data, memilih alternatif, Mungkin proses manual atau otomatis.
·    Output: informasi yang digunakari untuk membuat keputusan, Mungkin disampaikan dalam bentuk kertas atau elektronik, dan Hasil dari satu sistem dapat masukan ke sistem lain.
·         Saran/penilaian: output yang digunahan untuk meningkatkan performa sistem.

Dapatkah bendera untuk pemrosesan salah, Petunjuk bagi intervensi manajerial, dan Pasokan perkiraan masukan masa depan (forecasting).

D. Komponen Dasar Teknologi Komputer dalam Sistem Informasi (S1)
·         Hardware, komputer peralatan yang digunakan untuk masukan, pengolahan dan output.
·         Perangkat lunak (Software), komputer program yang dijalankan pada hardware perangkat lunak sistem, dan aplikasi perangkat lunak.
·     Database: khusus aplikasi software yang dirancang untuk mengatur data dan informasi mengenai operasi organisasi.
  ·        Infrastruktur. Peralatan yang dirancang untuk menghubungkan perangkat keras diseluruh ruang:      telekomunikasi, jaringan, dan Internet.
  ·         Orants-orang (people): SI personil dan pengguna (user).
 ·           Sistem dan Prosedur: Sistem dan aturan untuk mengembangkan dan menggunakan Sistem
         Informasi.

DAFTAR PUSTAKA
Soedarso, Sri Widodo. 2015. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Manggu Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar